Cari Blog Ini

Senin, 17 Agustus 2020

Subtema 3 Pembelajaran 1

   

 
Gambar Suku-suku di Nusantara

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku bangsa. Terbentang dari ujung sabang sampai merauka ada beribu suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki beragam perbedaan. Baik perbedaan ras, agama, kebudayaan, pakaian adat, rumah adat dan bahasa adat.

Ustadz yakin anandaku kelas 4 ini mengetahui banyak sekali makanan dan minuman yang ada di Indonesia ?
Tahukah kalian jika setiap daerah dan suku memiliki bermacam-macam makanan tradisional yang beraneka rasa dan bentuk penyajian menarik. Mari kita pelajari bersama !

1. Sumatra Barat (Padang)

   
 

Rendang adalah salah satu makanan masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah.

2. Daerah Istimewa Jogjakarta
    
    
Gudeg adalah makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan tempe.

3. Bali
    
 
 
Ayam betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh yang berisi bumbu. kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu digunakan pada sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta hidangan dan dijual. Betutu tidak dapat bertahan lama.

Ayo bercerita !

1. Sebutkan 3 saja makanan khas daerah tempat tinggalmu !

2. Makanan tradisional apa yang kamu sukai ! berikan alasanmu !

3. Menurut kamu, apa manfaat adanya keberagaman makanan tradisional yang ada di Indonesia !

Silahkan dikerjakan di Buku Tugas !

Kemudian foto dan kirim pada link berikut : Tugasku





    

6 komentar: