Cari Blog Ini

Kamis, 06 Agustus 2020

Pembelajaran 3 Subtema 2


INDAHNYA PERBEDAAN


Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, kepala sekolah SD Baangsa mengadakan lomba menghias kelas. Semua kelas ikut berpartisipasi lomba menghias kelas. Lomba akan diadakan pada hari Senin. Hari Sabtu, pak guru membagi tugas kepada siswa-siswanya. Menghias merupakan tanggung jawab semua warga kelas.

Minggu pagi, semua siswa di kelas Budi sudah hadir. Hanya Alex dan Tigor yang belum terlihat. Alex dan Tigor sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus beribadah pagi di gereja. Budi dan teman-temannya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Budi dan Nisa mampir ke rumah Tigor, lalu ke rumah Alex untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan Tigor dan Alex. Budi dan teman-temannya memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Alex dan Tigor yang beragama Katholik dan Kristen Protestan. Perbedaan waktu dan cara Ibadah tidak menghalangi niat kerjasama mereka.

Siang hari sekolah ramai. Kelas-kelas juga sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa. Begitupun kelas Budi. Alex dan Tigor juga sudah terlihat diantara mereka. Alex dan Tigor segera menyusul ke sekolah setelah selesai beribadah. Budi dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita  merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Dzuhur, Budi dan Nisa, serta teman-tean lainnya yang beragama Islam pergi ke masjid sekolah untuk menunaikan sholat berjamaah. Alex dan Tigor tidak menjalankan ibadah Sholat dan melanjutkan pekerjaan menghias kelas.

Menjelang sore hari, pekerjaan sudah selesai. Kini kelas tampak indah, bersih, dn rapi. Semua siswa beristirahat sambil meminum es sirup yang dibawakan pak guru. Pak guru menjelaskan bahwa walaupun kalian berbeda-beda suku dan agama, tetapi kita harus tetap bekerja sama dalam hal kebaikan. Dengan kerjasama pekerjaan yang berat akan terasa menjadi ringan dan cepat selesai.

Silahkan di kerjakan soal Kuis berikut ini !

2 komentar: