Cari Blog Ini

Senin, 16 November 2020

Tema 4 Subtema 2

 

Sebagian besar penduduk di pesisir pantai bekerja sebagai nelayan. Begitu juga dengan pamanku yang tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari pantai. Ia bekerja sebagai nelayan tradisional. Ia pergi melaut pada malam hari dengan membawa sampan dan jaringan untuk mencari ikan. 


Saat berlayar, paman harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, ia tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikannya kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan milik paman tidak bermesin, jadi paman tidak perlu membeli bahan bakar. 

Selain nelayan tradisional seperti pamanku, sekarang ada juga nelayan yang lebih modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terkena guncangan ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal yang tidak memedulikan penggunaaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga dapat mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikan banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom. 


Ayo berlatih! 

1. Tuliskan persamaan dan perbedaan dari nelayan tradisional dan nelayan modern! 

2. Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan modern! 

3. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan agar kelestarian ekosistem tetap terjaga? 


Jawaban di tulis di buku tugas dan di kumpulkan di link yang tertera di Whatshap


1 komentar: