Cari Blog Ini

Minggu, 01 November 2020

Tema 3 Subtema 3

 

 
 
Gambar : Persawahan di Desa

Perjalanan ke Desa

Saat liburan, Wayan, Budi, Nisa, Alin, Tigor, dan Aleq bersepeda menyusuri jalan di sekitar sekolah. Tanpa di sadari, mereka sampai di daerah pedesaan. Pohon-pohon menjulang bagai deretan raksasa, ada pohon mahoni, pohon randu, pohon bambu, pohon asem, dan pohon mangga. Pemandangan yang sangat indah.

Diujung jalan, mereka berjumpa dengan seorang laki-laki tua, Pak Supri namanya. Beliau mengumpulkan daun-daun kering ke dalam karung dan akan membawanya

"Untuk apa daun-daun kering itu Pak ?" tanya Wayan

"Untuk pembuatan pupuk kompos. Ayo ikut Bapak ke tempat peternakan" ajak pak Supri.

Pak Supri mengajak Wayan dan teman-teman berkunjung ke tempat peternakannya. Di sana, Pak Supri memelihara berbagai hewan ternak, seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Ia juga memelihara kerbau untuk membajak sawah. 

Cerita pak Supri, daun itu bahan campuran untuk membuat pupuk. Caranya, sampah daun kering itu dicampur dengan kotoran hewan ternak, ditumpuk, dan didiamkan. Sekitar dua bulan campuran itu akan hancur menjadi pupuk alam yang disebut kompos. 

"pupuk kompos ini disukai petani karena murah, mudah dibuat, dan sangat baik untuk meningkatkan hasil panen" jelas pak Supri. 


Ayo menulis

Carilah satu contoh pemanfaatan sumberdaya alam hayati yang ada di sekitar rumah ananda. 

Tulis pemanfaatan dan jelaskan contoh-contoh pemanfaatannya! 


Kerjakan di buku tugas kemudian foto di link yang dibagikan di whatshap

1 komentar: