Cari Blog Ini

Jumat, 16 Oktober 2020

Tema 3 Subtema 1

 

Mengenal Bentuk Tumbuhan

Seperti halnya makhluk hidup lain, Alloh SWT juga menciptakan tumbuhan yng beranekaragam beserta bagian-bagian pentingnya. Bagian-bagian pokok dalam tumbuhan meliputi akar, batang, dan daun yang memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya. Berikut uraian tentang bagian-bagian tumbuhan.

1. Akar
    Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya berada di dalam tanah. Untuk beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat yang menggantung. Akar terdiri atas tiga bagian, yaitu akar utama, cabang akar, dan rambut akar. Fungsi dari akar pada tumbuhan antara lain menunjang berdirinya tumbuhan. Fungsi akar pada tumbuhan tidak memiliki akar, maka tumbuhan akan mudah dicabut, mudah roboh ketika diterpa angin, atau hanyut terbawa air ketika turun hujan. Akar juga berfungsi menyerap air dan mineral di dalam tanah. Pada beberapa tumbuhan tertentu akar berfungsi menyimpan cadangan makanan, seperti umbi-umbian.


2. Batang
    Batang adalah bagian tumbuhan yang berada di atas tanah yang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Pada tanaman berkayu, batang tersusun atas beberapa lapisan. Lapisan pertama disebut dengan pembuluh tapis yang bertugas mengangkut makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan. Di bagian pembuluh tapis terdapat lapisan kambium. Di dalam lapisan kambium terdapat pembuluh kayu yang berguna untuk mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar.

Fungsi batang bagi tumbuhan antara lain ;
a. Sebagai penyokong tumbuhan.
b. Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.
c. Mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar ke daun.
d. Menyebarkan makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
e. Sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.


3. Daun
    Daun berbentuk tipis melebar dan berwarna hijau. Warna hijau disebabkan karena klorofil, yaitu zat hijau daun. Daun merupakan bagian yang memegang peranan penting bagi tumbuhan. Fungsi utama daun, antara lain sebagai tempat berfotosintesis, tempat penguapan air, sebagai alat pernapasan, dan tempat penyimpanan cadangan makanan.

4. Buah
    Buah merupakan bagian hasil perubahan dari perkembangan bunga. Buah terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Bagian buah yang kita makan biasanya daging buah. Daging buah berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan melindungi biji dari pengaruh buruk luar. Biji buah ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Yang berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil.

5. Bunga
    Bunga terdiri atas beberapa bagian, yaitu kelopak, mahkota, benang sari, putik, dasar dan tangkai bunga. Kelopak pada umumnya berwarna hiaju dan berfungsi menutup bunga saat masih kuncup. Mahkota merupakan bagian bunga yang berwarna warni. Benang sari sebagai alat perkembangbiakan jantan. Putik sebagai alat perkembangbiakan betina. Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga. Fungsi utama bunga yaitu sebagai alat penyerbukan.

Ayo Berlatih !

Ambillah satu bunga yang ada di lingkungan sekitarmu !
Tulislah bagian-bagian bunga yang kamu temukan di buku tugas !
Kumpulkan pada link yang ada pada grub whatshap ananda sekalian

 

4 komentar: