Cari Blog Ini

Minggu, 11 Oktober 2020

Tema 3 Subtema 1




 

 

Apakah kalian pernah melihat gambar di atas ?


Hari ini kita akan belajar mengenai salah satu tanaman di atas !

Tanaman Jagung

     Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Jagung juga kaya akan serat sehingga mampu menjadi energi bagi tubuh. Dengan kemampuannya tersebut, maka dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit. Nasi jagung memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan dapat mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Bagi masyarakat Indonesia, tanaman jagung merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi. Jagung mudah kita jumpai di daerah seluruh Indoensia terutama di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sumatra, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Jawa Barat.

     Pertumbuhan jagung dibagi menjadi 4 tahapan besar, yaitu sebelum penanaman, penanaman, pemeliharaan, serta panen dan setelah panen. Proses penanaman jagung dimulai dari masa sebelum penanaman, yaitu pemilihan benih dan persiapan lahan. Benih yang dipilih sebaiknya yang bersertifikat, karena benih tersebut tidak mudah terkena hama tanaman. Sebelum benih ditanam, perlu pula disiapkan lahan gambut yang dicangkul atau dibajak sedalam 25-35  cm dan diratakan menggunakan garu. Setelah itu, dilakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang. Tanah yang sudah dipupuk dibuatkan bedengan (jarak antar tanaman) agar benih tidak tergenang air dan tidak busuk.

       Benih jagung ditanam dengan cara membuat lubang tanam sedalam 5-10 cm. Lubang tanaman dibuat merata sepanjang alur bedengan. Kemudian benih jagung diamsukkan ke dalam lubang tanam setelah 4 sampai tujuh hari. Perlu ditambah pupuk kandang seiring pertumbuhan tanaman jagung.

        Tahap pemeliharaan tanaman jagung meliputi penyulaman, penjarangan, penyiangan, pembubuhan, pengairan dan pengendalian. Tujuan dari pemeliharaan ialah melindungi tanaman jagung dari hama tanaman serta memastikan hasil buah memuaskan. Setelah umur 3-5 bulan, secara fisik akan terlihat daun kelobot yang mengering dan berwarna kekuningan. Ciri tersebut menandakan jagung siap dipanen. Setelah panen jagung harus dikeringkan terlebih dahulu. Cara pengeringan yang paling umum adalah dengan menjemurnya di ladang bersama-sama dengan klobotnya atau bisa juga dengan mengupas kelobotnya. Jagung dapat diolah menjadi tepung, nasi ataupun masakan lainnya.


Ayo Menulis 

Tugas ananda : Pilihlah satu tanaman disekitar ananda yang sering ananda manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Gambarkan tumbuhan tersebut dan ceritakanlah tentang tumbuhan tersebut !

Kumpulkan tugas di formulir brankas tema 3 subtema 1 !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar